Pemerintah Kabupaten Situbondo melaunching Intelligence Room di lantai II, kantor Setdakab Situbondo, Senin (14/05).
.
Peresmian ditandai dengan menekan tombol pada layar oleh Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir.
.
Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan Dinas Kominfo Prov. Jatim; Wakil Bupati Blora Jawa Tengah beserta tim; Google Indonesia; Bakorwil Jember; Kajari Situbondo beserta Kasi Pidum; Kapolres; perwakilan Dandim 0823; Ketua MUI, Muhammadiyah, dan NU; akademisi dari STKIP PGRI, Universitas Ibrahimy, Unars, dan lainnya.
.
Pada sambutannya, Bupati menyampaikan Intelligence Room atau Ruang Intelegensi memiliki 9 fungsi sekaligus. Diantaranya Analisis Pengambilan Keputusan; Visualisasi Demografi Daerah; Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pemerintahan; Monitoring Pelayanan Publik; CCTV; Tracking Information System; Video Conference; Pusat Pengaduan Masyarakat dan Pusat Penyusunan Strategi (War Room). .
Intelligence room atau IR
berupa ruangan yang terisi layar besar dengan sistem informasi terpadu yang terintegrasi dengan OPD pelaksana. Berisi 225 aplikasi dengan rincian 125 layanan Stempel, 50 website pelayanan, dan 45 aplikasi di IR. Hal ini salah satu langkah Situbondo menuju Smart Society. “Dengan adanya Intelligence Room ini juga menjadi tanda bahwa kita telah siap bergabung dan bersaing di era digitalisasi dan globalisasi,” papar Bupati. .

Perwujudan Intelligence Room telah dilakukan sejak lama. Setiap dinas diminta melakukan perubahan manajemen birokrasi dan pelayanan publik dari manual menjadi digital. Sehingga pelayanan masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien. “Terutama di perijinan, jika sebelumnya perijinan butuh waktu tiga hari kini hanya perlu waktu satu jam saja,” jelas Bupati. .

Selain pemaparan tentang IR, Bupati juga menyiarkan video destinasi wisata Kabupaten Situbondo. Dilanjutkan dengan demo sistem aplikasi dan video teleconference antar OPD.