Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH beserta Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Umi Kulsum, SH, dan wakil ketua TP PKK Situbondo, Hj. Sri Susilowati, SE menghadiri pembukaan pameran buku di GOR Baluran. Pameran tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang bekerja sama dengan Gramedia Jember, dan berlangsung selama 18 hari. Dimulai Rabu, 11 Juli sampai 25 Juli mendatang.
Sambutan pertama disampaikan oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan lalu Manajer Regional Gramedia Jember, Elizabet Driemirda. Sebelum sambutan pembukaan Bupati, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK menyerahkan hadiah kepada pemenang berbagai macam lomba yang digelar sebelum pembukaan secara bergantian. Dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada komunitas membaca Situbondo.

Bupati Situbondo dalam sambutannya menyampaikan bahwa satu dari banyak cara menciptakan sumber daya manusia yang handal adalah dengan gemar membaca buku. “Membudayakan buku memang berat, karena minat baca yang rendah dan lingkungan keluarga belum menjadi budaya. Sehingga diperlukan peran dari seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan baca buku sebagai suatu kebiasaan yang berujung menjadi budaya,” papar Bupati Situbondo. Oleh karenanya, Bupati berterimakasih kepada pihak Gramedia dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah menyelenggarakan acara tersebut. “Berharap dari waktu ke waktu semakin semangat melakukan inovasi dan kreasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat,” harapan Bupati Situbondo.

Pada kesempatan tersebut, H Dadang Wigiarto, SH meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mengarsipkan dokumen dan foto terkait sejarah Belanda di Situbondo. “Keberadaan kearsipan sangat penting bagi tahun kunjungan wisata 2019. Semoga acara ini senantiasa memperoleh keberkahan dari Allah SWT, ” pungkas Bupati.
Usai sambutan Bupati Situbondo melakukan pemukulan gong sebagai pembukaan kegiatan secara simbolis. Jajaran forkopimda juga menyaksikan penampilan dari pemenang “story telling” tentang Ande-Ande Lumut.