Bupati hadir dalam pelantikan pengurus organisasi HMI komisariat Situbondo, cabang persiapan Situbondo-Bondowoso di peringgitan luar Pendopo Bupati pada Sabtu (31/03/2018). Hadir pula para alumni HMI, Janur Sasra Ananda, SE; Ir. H. Agus Fauzi, M.Si; Anies Rachman Cordova, M.Mp; Syaiful Muarif, S.Fil dan puluhan anggota dan pengurus cabang persiapan Situbondo- Bondowoso.

Bupati H. Dadang Wigiarto, SH menyampaikan, selamat kepada ketua dan para pengurus yang telah dilantik. Kehadiran sebuah organisasi diharapkan bisa menjadi wadah untuk menyalurkan aksi para pemuda, terutama mahasiswa. Sehingga estafet kepemimpinan dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya suka berorasi di dalam kampus saja, namun berbuat nyata dan bermanfaat di masyarakat umum.

Saat ini kesadaran masyarakat dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan partisipasi masyarakat dalam kehidupan berorganisasi dan birokrasi semakin intens melalui kritik dan saran Bupati berharap HMI menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dialog antara pemerintah dan masyarakat. Sehingga terus memberi saran untuk perkembangan birokrasi.
Pada kesempatan itu, Bupati juga menyatakan sekelumit tentang pariwisata Situbondo. Tahun kunjungan wisata 2019 dimaknai sebagai kebangkitan reformasi sosial di masyarakat Situbondo. Terutama para kaum muda, seperti para mahasiswa. Karena ini kesempatan emas bagi pemuda untuk berinteraksi dengan masyarakat luar dan meningkatkan kompetensi-kompetensi yang dimiliki.