Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH membuka kejuaraan anggar tingkat pelajar SD, SMP, SMA sederajad yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Situbondo, Jum’at (30/03/2018), sore tadi.

Situbondo Open Fencing Championship yang berlangsung selama tiga hari ini diselenggarakan di Gedung Olah Raga Serbaguna Baluran Jl. PB. Sudirman Situbondo diikuti sedikitnya 200 peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur maupun luar Propinsi Jawa Timur. Kejuaraan anggar tingkat pelajar ini berlangsung dari tanggal 30 Maret hingga 1 April 2018.

Bupati Dadang berharap, kejuaran anggar tingkat pelajar yang di gelar KONI Situbondo ini mampu menjaring atlet-atlet muda berprestasi, khusunya bagi atlet anggar Kabupaten Situbondo. “Dengan dilaksanakannya kejuaraan anggar tingkat pelajar ini, saya berharap tumbuh atlet-atlet muda berprestasi di Kabupaten Situbondo maupun luar kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Situbondo, Reno Widigyo SH mengatakan, Situbondo Open Fenching Campionship merupakan kejuaraan anggar tingkat pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa ini diikuti atlet dari berbagai daerah di Jatim maupun luar Jatim.

Adapun tujuan diadakan kejurnas anggar ini, lanjut Reno, karena Situbondo juga memiliki altet olah anggar yang prestasinya tingkat nasional. Sehingga mulai memantapkan diri mengadakan event anggar ini, agar menjadi event kebanggaan bagi warga Situbondo dan sekaligus menjaring atlet atlet anggar Situbondo. “Insya Allah tahun depan akan mengadakan event kejuaraan internasional 2019,” kata Reno.

Selain itu kejuaraan anggar juga untuk mempersiapkan pekan olah raga provinsi ( Porprov) yang bertujuan untuk menguji atlet atlet anggar Situbondo dalam pemanasan dan mengukur prestasi atlet. “Atlet anggar Situbondo ada sekitar 70 atlet, dan yang sudah berprestasi ada 10 orang atlet. Mereka itu sudah meraih juara ditingkat regional maupun nasional,” pungkasnya.