Komitmen dan Disiplin Pegawai merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah organisasi. Pada organisasi, hal tersebut justru lebih penting atau dominan karena landasan awal yang kuat pada aspek komitmen dan Disiplin Pegawai akan memudahkan di dalam penanaman tujuan dan sasaran organisasi sehingga prosentase pencapaian target organisasi dapat lebih dioptimalkan.

Untuk mengimplementasikan komitmen dan Disiplin Pegawai tersebut, Pemerintah Kabupaten Situbondo menerapkan langkah dengan melakukan Apel Pagi setiap hari yang melibatkan seluruh PNS yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Dalam kegiatan Apel Pagi, yang diutamakan adalah kedisiplinan mengikuti Apel Pagi dan juga dimanfaatkan oleh Pejabat Eselon II dan III untuk sharing informasi perkembangan organisasi, mengingatkan kembali tujuan organisasi dan memberikan arahan-arahan yang diperlukan dan bersifat motivasional kepada seluruh PNS.

Kegiatan ini dirasakan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Situbondo, Drs.H. Achmad Djunaidi, M.Si., cukup efektif, terbukti adanya peningkatan disiplin pegawai tidak hanya terkait jam masuk dan pulang kerja saja tetapi juga disiplin dalam penyelesaian pekerjaan dan target-target yang menjadi tanggung jawabnya tanpa mengeluhkan jam kerja yang dijalani.

Bukti lain efektifnya kegiatan Apel Pagi adalah semakin meningkatnya komitmen untuk menjadikan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Situbondo lebih maju, hal ini semakin terlihat dengan dukungan lingkungan kerja yang saat ini yang terdiri dari Sekretariat dan 3 Bidang sehingga komitmen tersebut langsung diwujudkan dalam bentuk koordinasi yang semakin mudah, intens dan efektif antar Sekretariat dan Bidang.

Ternyata Apel Pagi bukan hanya sekedar berkumpul, berbaris rapi, hormat, laporan dan tata urutan protokoler lain seperti pada umumnya, namun dapat juga digunakan sebagai media positif untuk mencapai tujuan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Situbondo seperti meningkatkan kualitas tenaga kerja, mewujudkan perlindungan ketenagakerjaan, serta meningkatkan kualitas pelayanan transmigrasi yang telah dilakukan secara rutin dan konsisten.

Kadisnaker Kabupaten Situbondo Drs.H. Achmad Djunaidi, M.Si. memimpin Apel Pagi