Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, S.H beserta ketua PKK Situbondo hj. Ummi Kulsum, S.H secara langsung hadir dalam acara Deklarasi ODF dengan istilah stop Buang Air besar Sembarangan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo beserta Kecamatan Situbondo pada minggu (4/3/2018) yang berlokasi di wilayah kelurahan dawuhan, patokan, situbondo. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup kholil, SP.MP, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  Drs. H Sofwan Hadi, M.Si, beserta Kepala Dinas Kesehatan Drs. Abu Bakar Abdi , Apt.,M.Si. dan beberapa SKPD terkait.

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH, Dalam Deklarasi ODF mangatakan, tujuan dari deklarasi ODF adalah untuk merubah prilaku hidup sehat tanpa buang air besar di sembarang tempat. Selain itu untuk menyambut tahun kunjungan wisata 2019 Bupati manyampaikan bahwa masyarakat juga harus ikut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan dan wilayahnya masing-masing dengan tidak membuang sampah ke sungai dan Buang air besar di sungai. Dengan ini mustahil tanpa adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat dan juga Kepala Desa diseluruh kabupaten Situbondo dan oleh Dinas terkait untuk mewujudkan Kabupaten Situbondo bebas dari ODF.

Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Drs. Abu Bakar Abdi , Apt.,M.Si., menyampaikan, perlunya kesadaran masyarakat dari tiga komponen untuk mendukung program Open Defecation Free (ODF). Tiga kompenen yang dimaksud meliputi peran pemuda sebagai generasi bangsa, peran kelompok perempuan dalam melakukan sosialisasi kepada para ibu-ibu. Dan yang terakhir, kelompok organisasi sosial kemasyarakatan untuk ikut andil menyampaikan dampak lain yang akan di derita jika sering melakukan BAB di sembarang tempat.