Dinas Sosial Kabupaten Situbondo melauching SISTEM INFORMASI KONTEN PENCEGAHAN BENCANA SOSIAL MELALUI JARINGAN MEDIA DIGITAL TINGKAT DESA YANG TERINTEGRASI di pendopo Kelurahan patokan Kecamatan Situbondo, Kamis (5 Juli 2018), Acara tersebut selain menghadirkan Camat Situbondo beserta seluruh Kades dan Lurah juga dihadiri StakeHolder terkait diantarnya yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bappeda dan Dinas Kominfo.

Aplikasi ini dibangun untuk menyediakan berbagai informasi yang bersifat edukasi visual terutama dalam pencegahan bencana sosial, seperti konflik sosial yang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya disebabkan karena Kemiskinan yang meningkat, Banyaknya jumlah Pengangguran, Angka kriminalitas semakin tinggi, Kepadatan penduduk, Perilaku masyarakat yang menyimpang, Kesenjangan sosial, Kenakalan remaja, selain itu faktor lain yang perlu diwaspadai yaitu perbedaan status sosial, perbedaan status ekonomi, Perbedaan kepentingan politik dan perbedaaan kedudukan dalam masyarakat yang bisa  menjadi potensi Konflik Sosial.

Dengan kompleknya penyebab bencana sosial tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, H. Lutfi Joko Prihatin SH.,M.Hum. menegaskan bahwa “ kehadiran Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan untuk selalu memberikan sosialisasi dan edukasi yang intensif dengan bersinergi dengan seluruh jajaran OPD lainya seperti BAPPEDA, DPMD, KOMINFO dll, pihaknya mengakui bahwa dengan kondisi geografis Kabupaten Situbondo yang terdiri dari wilayah dataran dan pegunungan yang masih tergolong kesulitan akses jalan dimana masyarakatnya tersebar di wilayah-wilayah tersebut akan sangat menyulitkan pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi dan edukasi secara intensif.”

Tujuan dibangunnya Sistem ini untuk memberikan layanan terbaik dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat dengan harapan Kesadaran dan Pengetahuan masyarakat akan meningkat sehingga dapat menekan angka PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di Kabupaten Situbondo, Disamping itu Dinas Sosial sebagai perpanjangan tangan pemerintah  turut mendukung visi-misi Kabupaten Situbondo yaitu Terwujudnya Masyarakat Situbondo yang Madani, Mandiri, serta lebih Beriman, Sejahtera dan Berkeadilan” dan berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan menerima seluruh keluhan masyarakat bidang sosial. Terang H.Lutfi Joko Prihatin, SH.M.Hum.

Oleh karena itu H.Lutfi mendorong dan menghimbau kepada semua Kepala Desa yang belum mengintegrasikan teknologi komunikasi data dengan JARKOMDAT Pemerintah Kabupaten Situbondo di semua kecamatan untuk berpartisipasi mendukung  program ini.

Dalam kesempatan Tersebut Kasi Korban Bencana Sosial, Mardiko Wicaksono S.Kom. juga menjelaskan bahwa “Sistem ini  merupakan solusi Teknologi dalam penyebarluasan informasi sebagai upaya sosialisasi edukasi yang efektif dan efisien dimana sangat memungkinkan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang tersebar diberbagai wilayah, Sistem ini mengintegrasikan media informasi digital semua kantor desa sebagai pengetahun dasar pencegahan bencana sosial bagi masyarakat secara efektif, hal ini bisa mengurangi waktu maupun jumlah petugas untuk melakukan sosialisai secara langsung ke masyarakat tingkat desa diseluruh wilayah Kabupaten Situbondo”.

Selanjutnya, Mardiko Wicaksono S.Kom. menambahkan bahwa “Sistem ini menggunakan teknologi Radio AIRFIBER Access point antar desa-kecamatan dalam komunikasi datanya sehingga tidak bergantung dengan koneksi internet, dengan terbangunnya Jaringan  Media Digital Tingkat Desa yang terintegrasi dengan pusat data Pemerintah Kabupaten Situbondo teknologi ini selain dapat dimanfaatkan sebagai Sosialisasi dan publikasi yang bersifat edukasi visual juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam pelaksanaan birokrasi pemerintahan desa maupun sistem layanan kepada masyarakat secara elektronik yang dapat dikendalikan melalui command center Kabupaten”.