Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) dengan Pramuka Saka Bahari yang meluncurkan rencana pengibaran Bendera Merah Putih dari dalam laut ke permukaan di pantai Pasir Putih pada peringatan Hari Kartini 21 April 2018 mendatang. Hal itu disambut positif oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo.

Rapat yang dibuka langsung oleh wakil Bupati merupakan rapat yang ke dua kalinya dilaksanakan di Lounge room Hotel Sido Muncul, Situbondo, Rabu (28/3). Wakil Bupati mengucapakan banyak terimakasih kepada seluruh anggota Lantamal V yang sudah mau menyelenggarakan Dive Kartini di Pasir Putih. Pemerintah daerah juga mendukung penuh kegiatan ini, supaya kedepan bisa dijadikan agenda tahunan di Kabupaten Situbondo.
“Kegiatan yang sangat positif ini diyakini akan menjadi primadona baru bagi kunjungan wisata di kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Wabup juga telah merapatkannya dengan instansi terkait di jajaran Situbondo untuk merancang kegiatan tambahan dalam mendukung Dive Kartini yang dilakukan 214 wanita penyelam ini. Misalnya dengan menggelar bazar produk kreatif, kuliner khas Situbondo serta pentas seni, dan acara pendukung lainnya yang bisa mempromosikan wisata kabupaten Situbondo ke kancah nasional dan internasional.

Wabup juga menjelaskan Kabupaten Situbondo memiliki beberapa destinasi wisata yang sudah dikenal seperti Pasir Putih dan Baluran. Namun masih ada wisata lainnya yang tengah gencar dipromosikan, dan adanya event ini bisa semakin memacu dikenalnya wisata Situbondo di mata masyarakat.

Untuk suksesnya acara ini, Wabup telah berkoordinasi dengan komunitas selam di Situbondo dan telah menyiapkan para wanita penyelamnya untuk menjadi bagian dari Dive Kartini 214.

Sementara Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Lantamal V Kolonel Laut (P) Atmu Edi sebagai penanggungjawab kegiatan Dive Kartini 2018 mewakili Danlantamal V Kolonel Edwin, S.H. berterimakasih terhadap keterbukaan dan sambutan fositif dari Bupati, Wakil Bupati Situbondo dan jajaran terhadap acara Dive Kartini 2018.