Bupati H. Dadang Wigiarto, SH beserta istri, Hj. Umi Kulsum, SH menghadiri Kejuaraan Daerah (Kejurda) Selam Bupati Cup I di Pantai Pasir Putih, Sabtu (28/04/2018). Acara diselenggarakan oleh KONI Situbondo yang bekerja sama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSSI) Jatim, dan POSSI Situbondo. Perlombaan berlangsung sejak Jumat kemarin (27/04) hingga Minggu kemarin (29/04). Ketua Panitia Penyelenggara Kejurda dalam laporannya menyatakan kejuaraan selam daerah bertujuan untuk mencari bibit atlet selam unggul di daerah; memacu motivasi para atlet selam muda agar terus berprestasi; dan eksplorasi wisata Bahari Pantai Pasir Putih. Ada dua kegiatan yang dilombakan yakni Open Water Finswimming (500 m, 1000 m, 3000 m, dan 6000 m) dan lomba Orientasi Bawah Air atau OBA yang diikuti 226 peserta dari 17 kabupaten Jatim.

Ketua Pengprov POSSI Jatim, Mirza Muttakin berterimakasih kepada pihak penyelenggara terutama kepada Bupati atas supportnya. Sehingga jumlah peserta Kejurda melebihi ekspektasi. “Padahal OBA baru pertama kali dilakukan di Situbondo, namun pesertanya sangat banyak. Mencapai 226 dengan 33 peserta dari tuan rumah, ” ujarnya.
Menurutnya, itu sangat menggembirakan. Atlet selam Situbondo juga diharapakan dapat mewarnai dan memperkuat tim PON Jawa Timur. “Laut adalah kekuatan kita. Banyak hal yang dapat kita lakukan di dalam air. Semoga Kejurda ini semakin memotivasi dan mempererat silaturahmi antar atlet dari seluruh Jawa Timur,” tandasnya.
Sementara itu H. Dadang Wigiarto, SH berterimakasih kepada KONI, POSSI Situbondo dan POSSI Jatim yang telah menjadikan Situbondo sebagai tuan rumah. Juga kepada para orang tua peserta yang berkenan mengantar dan menemani sang anak mengikuti lomba.
Untuk semakin mendukung pariwisata dan olahraga selam, pemerintah akan membangun Dive Center di lokasi sekitar pantai. Selain itu, sekitar 300 meter ke barat dari Pasir Putih akan dibangun lokasi wisata baru yang saat ini tengah dikerjakan oleh Jasalindo. Oleh karena itu, Bupati berharap kepada para orang tua dan peserta dari luar kota yang hadir untuk mempromosikan pariwisata Situbondo.