Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH menerima obor Api Abadi Asian Games 2018 dari ketua tim Torch Relay di titik 1000 km, Kec. Panarukan, Kab. Situbondo sekitar pukul 15.00 sore tadi (21/07). Bupati Situbondo didampingi oleh Wakil Bupati Ir H Yoyok Mulyadi, M. Si, Direktur SDM dan Umum PT KAI DAOP 9, R. Ruli Adi, Dandim 0823, Letkol Inf. Ahmad Juni Toa, SE, M. I. Pol, Kapolres, AKBP Awan Hariono, SH, S. IP, MH dan segenap jajaran OPD lainnya. Obor api abadi diarak dari tugu 1000 km Anyer-Panarukan menuju pendopo.

H. Dadang Wigiarto, SH menyatakan penyambutan Asian Games 2018 bukan sekedar menyambut saja, namun sebagai doa. Sambutan dilakukan dengan pembacaan selawat Nabi dan diiringi tari dan budaya khas Situbondo. Tujuan pembacaan selawat yakni agar para atlet diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam ketika dalam perlombaan dan bisa menang. Sedangkan pertunjukan tarian dan budaya khas Situbondo lebih kepada untuk menarik minat masyarakat dan menginformasikan kepada warga luar Situbondo tentang tahun kunjungan wisata 2019.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Situbondo juga menyampaikan keinginannya supaya jalur rel kereta api menuju dan keluar Situbondo diaktifkan kembali. “Saya optimis, pengaktifkan jalur kereta akan membawa manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat Situbondo,” ujar beliau saat sesi wawancara dengan beberapa wartawan media online dan cetak.