Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), Pemkab Situbondo melalui Inspektorat melaunching program Klik-On (Klinik Konsultasi Pengeloaan Keuangan Desa) se-Situbondo, Rabu, 21 Desember 2016.Kegiatan juga diawali dengan Pengukughan 14 Petugas Klik –on.

Acara yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten itu dibuka Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto SH, didampingi Kepala Inspektorat Bambang Priyanto dan Waka Polres Situbondo, Kompol Edith Yuswo Widodo. Menurut Bupati Situbondo, peluncuran program Klik On mengacu pada banyaknya laporan masyarakat dan LSM kepada aparat penegak hukum maupun Inspektorat tentang pengelolaan ADD dan DD serta pembangunan fisik yang tdak sesuai dengan spesifikasi. Selain itu, kata Bambang, kini banyak pertanggungjawaban keuangan yang bersumber dari ADD/DD disampaikan tidak tepat waktu.

Kepala Inspektorat Bambang Priyanto mengatakan, program Klik-On ini juga didasarkan kepada Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Inspektorat sebagai penjamin mutu pengelolaan keuangan yang, baik di pemerintahan daerah maupun di pemerintahan desa. Yang jelas, kegiatan Klik-On ini untuk membantu perangkat desa, khususnya TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) mulai pelaksanaan perencanaan kegiatan hingga pertanggungjawaban administrasi.
Bupatimenekankan, dengan program Klik-On ini para Kepala Desa beserta seluruh perangkat dan stake holder lainnya benar-benar memanfaatkan kegiatan ini dengan semaksimal mungkin. Yang terpenting pada program Klik-On ini bisa mewujudkan sistem pertanggungjawaban ADD dan DD dengan tepat waktu dan akuntabel.

Sumber : Dok. Humas