Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH menyambut baik langkah Lembaga Swadaya Masyarakat Pusat Studi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LSM PSPSDM) Mataram yang akan membangun rumah bersalin di Puskesmas Sumber Malang dengan menggunakan dana hibah dari Jepang, Jumat (28/04/2018). Bupati Dadang mengatakan bahwa pendukung kegiatan pembangunan rumah bersalin menggunakan dana hibah Jepang tersebut jangan sampai dikecewakan. Sebab, jika dikecewakan, para pendonor dana akan sulit untuk mendonorkan dananya masuk ke Kabupaten Situbondo.

Oleh karena itu, bupati mengucapkan terima kasih direktur LSM PSPSDM yang berkedudukan di Mataram atas pembangunan rumah bersalin tersebut. “Saya berharap kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo yang telah diajak kerja sama oleh LSM PSPSDM Mataram agar saling mendukung pelaksanaan pembangunan rumah sakit bersalin di Puskesmas Sumber Malang,” harap bupati.

Sementara itu, dalam pemaparan tentang rencana pembangunan rumah bersalin, Direktur LSM PSPSDM Ir Nur Akhmad Yani MM mengatakan, dana hibah pemerintah Jepang melalui konsulat Jepang di Surabaya telah membangun proyek peningkatan penyediaan kualitas air bersih di Desa Campoan, Mlandingan, dan Desa Alas Tengah, Sumber Malang, pada 2005-2006 dan proyek peningkatan kesehatan ibu dan anak pada 2013-2014.

Adapun tujuan pembangunan rumah bersalin di Puskesmas Sumber Malang, kata Nur Akhmad, yakni untuk meningkatkan kualitas pelayanan persalinan bagi ibu hamil, pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas kelembagaan dan kualitas pelayanan posyandu, meningkatkan pelatihan dan pengetahuan kader posyandu, peningkatan pengetahuan bumil melalui pendampingan. Juga peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak, meningkatkan jumlah kunjungan balita dan ibu hamil ke posyandu, demo pembuatan pangan lokal, dan menurunkan balita dan bumil gizi buruk. Sasarannya Desa Tlogosari, Kalirejo, Baderan, Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo dengan dana bantuan hibah Jepang sebesar 1,3 milyar.