Asisten Pemerintahan dan Kesra bersama Bagian Administrasi Pemerintahan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dinas Kominfo, Satpol PP, Kesbanglinmas, Bagian Humas dan Protokol, Bagian Hukum pada hari H-1 melaksanakan monitoring persiapan pelaksanaan Pilgub Jawa Timur dibeberapa desa, mulai wilayah timur, wilayah tengah dan wilayah barat di Kabupaten Situbondo.

Monitoring dalam rangka memantau persiapan pelaksanaan Pilgub Jawa timur terkait Jumlah DPT, Persiapan Pengamanan, Ketersedian Logistik, Partisipasi pemilih dan tingkat kerawanan Trantib dan netralitas PNS di Tingkat TPS.

Dilapangan Asisten Pemerintahan dan Kesra beserta anggota Tim monitoring dilapangan menanyakan langsung kepada kepala desa setempat, anggota polsek maupun kepada KPPS tentang pendistribusian logistik, maupun prakiraan jumlah kehadiran pemilih untuk mencoblos.

Ir. Agus Fauzi, M. Si. juga mengimbau agar dilaksanakan woro-woro kepada masyarakat melalui corong di musholla maupun masjid yang ada di desa bahkan siaran keliling bisa dilakukan agar tingkat kehadiran pemilih betul-betul tinggi. . .
Beliau juga sangat memprihatinkan apabila tingkat kehadiran pemilih nantinya rendah karena berdasarkan hasil konfirmasi langsung ke masyarakat kurang ada yang menggerakkan untuk hadir ke TPS.