Situbondo – Musrenbangcam di Kecamatan Sumbermalang dilaksanakan pada Hari Senin, Tanggal 06 Februari 2017, bertempat di Graha Rengganis Kantor Kecamatan Sumbermalang.Kegiatan dimulai pada Pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh Muspika, perwakilan desa, perwakilan UPTDĀ  di Kecamatan Sumbermalang, serta wakil perempuan. Acara dibuka oleh Camat Sumbermalang, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Anggota DPRD dan Kepala Bappeda serta diskusi dan perumusan usulan kegiatan. Dalam sambutannya, Camat Sumbermalang menyampaikan bahwa Musrenbang Desa telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan sungguh-sungguh. Dalam Musrenbang Kecamatan ini, diharapkan partisipasi warga masyarakat untuk bersama-sama dapat merumuskan prioritas yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kabupaten.

Anggota DPRD yang hadir pada Musrenbang Kecamatan Sumbermalang Bapak Joko Purwono. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan ini merupakan forum yang penting karena merupakan forum yang bertujuan untuk menjaring usulan masyarakat. Dimana usulan tersebut akan menjadi bahan dalam perumusan Renja SKPD dan RKPD Kabupaten Situbondo. Tanpa adanya longlist usulan melalui dokumen-dokumen tersebut, maka kegiatan tidak akan dapat didanai oleh APBD. Sehingga masyarakat diharapkan dapat menafaatkan kesempatan ini untuk dapat memasukkan usulan dalam pembangunan desa. Disampaikan pula bahwa Tahun ini tidak ada Kuota Kecamatan lagi. Sehingga Kecamatan diharapkan untuk dapat selektif dalam menyusun prioritas pembangunan infrastruktur yang akan diusulkan.

Kepala Bappeda menyampaikan yang pada intinya bahwa Kegiatan Musrenbang Kecamatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka penyusunan RKPD. Diperlukan masukan dan usulan kegiatan dari masyarakat sesuai dengan prinsip perencanaan bottom up. Selanjutnya disampaikan prioritas pembangunan Kabupaten Situbondo. serta kewajiban Kecamatan dalam menindaklanjuti pelaksanaan Musrenbang Kecamatan. Diantaranya adalah input hasil musrenbang melalui Sirka.
Sumber : (Kecamatan Sumbermalang)