Situbondo – Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Situbondo mengadakan Pelatihan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) Versi 2.0. Tahun Anggaran 2017 di Kantor LPSE Kabupaten Situbondo yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Januari sampai dengan 6 Pebruari 2017. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Situbondo terjadwal pada hari Selasa (31/01/2017) bersama 9 Perangkat Daerah (PD) lainnya yaitu Dinas Perikanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Sosial, serta Inspektorat.
Untuk mempermudah pelaksanaan pengumuman Rencana Umum Pengadaan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah mengembangkan Aplikasi SiRUP versi 2.0. dengan menu yang lebih mudah digunakan, akses yang lebih cepat dan tampilan yang mempermudah pencarian peluang usaha bagi penyedia. Pelaksanaan pengumuman Rencana Umum Pengadaan melalui Aplikasi SiRUP versi 2.0. dapat memanfaatkan softfile data RKA dengan cara mengunggah ke dalam Aplikasi SIRUP versi 2.0 sehingga mempermudah pengisian formulir RUP dan menjadikan data lebih akurat. Kepada Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran diberikan akses untuk mengumumkan Rencana Umum  Pengadaan. K/L/D/I yang sudah melakukan integrasi Aplikasi Perencanaan atau Aplikasi Anggaran dengan Aplikasi SiRUP diharapkan segera melakukan penyesuaian metode integrasi untuk menjaga kelancaran transfer data. Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang diumumkan melalui Aplikasi SiRUP juga merupakan salah satu instrumen yang digunakan sebagai referensi data pada mekanisme pelaporan pengadaan barang/jasa dalam Sistem Informasi Monitoring Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (SismonTEPRA).
Karena itu, LPSE Kabupaten Situbondo menyelenggarakan pelatihan ini untuk memberi acuan, menambah pengetahuan dan pemahaman secara teknis tentang penginputan RUP pada SiRUP Versi 2.0. bagi perencana dan admin RUP Perangkat Daerah dalam rangka menyusun Rencana Umum Pengadaan (RUP), mewujudkan kesamaan pemahaman terhadap prosedur perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, serta mewujudkan pengelolaan barang/jasa yang lebih optimal melalui perencanaan pengadaan yang lebih baik sehingga nantinya akan dapat mempercepat proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah yang ada di Kabupaten Situbondo.

Sumber : Disnaker