Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH, wakil bupati Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyadi, M. Si menghadiri acara pembekalan dan pelepasan calon jamaah haji Kab. Situbondo tahun 2018. Sekretaris Daerah, Drs. Syaifullah, MM, para ulama yakni KH. Muhammad Tamim Sofyan dari Ponpes Sumberbunga dan Ketua MUI, KH. Syaiful Muhyi; Ketua PC NU Situbondo, perwakilan Dandim 0823, perwakilan Kapolres; ketua Pengadilan Negeri; Kejaksaan Negeri; ketua dan anggota komisi IV DPRD serta instansi terkait turut hadir dalam kegiatan tersebut.
Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Situbondo, Drs. H. Athoillah, M. Pd. Beliau menyatakan jumlah CJH Kab. Situbondo sebanyak 491 orang yang terbagi dalam tiga kloter. 445 orang dalam kloter pertama, selanjutnya 31 orang dan 15 orang cadangan dalam kloter ketiga. Sebelum keberangkatan, para CJH asal Situbondo mendapatkan bimbingan manasik haji di 8 titik lokasi dan terakhir manasik haji masal di stadion. “Semoga CJH bisa pergi dan pulang haji dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur, ” ujar beliau.
Beliau juga berterimakasih kepada pemkab dan lintas sektoral yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan keberangkatan haji.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur kehadirat Allah SWT oleh Bupati Situbondo. Potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada dua anggota CJH yang termuda dan tertua. CJH termuda atas nama Mohammad Fadlurrahman bin Masa dengan usia 20 tahun dan tertua atas nama Seger bin Sadiman dengan usia 85 tahun. Keduanya sama-sama berasal dari Kec. Asembagus.
Bupati Situbondo dalam sambutannya memohon maaf kepada para jamaah jika dalam pelayanan kepada CJH sejak pemberangkatan hingga pemulangan ada kekurangan-kekurangan. Dan berterimakasih kepada Kemenag Situbondo serta panitia yang mengurus keperluan CJH haji 2018. “Semoga Allah SWT memberikan kelancaran kepada bapak ibu dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci, ” pungkas Bupati.
Acara dilanjutkan dengan ceramah dari KH. Mohammad Tamim Sofyan.