Situbondo, Wakil Bupati Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyai M.Si, menyerahkan penyaluran bantuan keuangan khusus guru ngaji dan guru minggu kabupaten Situbondo di Wilayah timur yang dimulai dari kecamatan Banyuputih, Jangkar dan berakhir di Kecamatan Asembagus, Senin (21/05).

Wakil Bupati menuturkan, pendidikan yang dilakukan secara ikhlas sudah ditanamkan dari kecil, namun pemerintah memberikan penghargaan lewat bantuan sebagai apresiasi para penyebar ilmu pendidikan agama. Wakil Bupati berharap para guru ngaji juga mampu memperkuat aqidah anak anak dan punya mental agama yang baik. Sehingga tidak mudah terpengaruh oleh radikalisme.

“Terkait Isu terorisme , kita semua harus lebih siaga deteksi dini dengan melapor ke Ketua RT setempat jika ada tamu 1×24 jam, agar kota santri aman,” ujar Wakil Bupati.

Penyaluran di tahun ini tidak dilakukan dengan tunai, namun ditransfer lewat rekening masing masing agar sampai pada guru ngaji tanpa potongan. “Jika tidak memahami sistem rekening, maka akan di bantu oleh tenaga dari perbankan,” terang Wabup.

Ada s4.148 usulan guru ngaji dan minggu masing masing 4.072 guru ngaji dan 76 guru minggu yang tersebar di 136 Desa/ keluruhan yg menerima uang sebesar 900 Ribu Rupiah. Naik 100 Ribu rupiah/ guru ngaji dari tahun sebelumnya.

Sementara rincian untuk kecamatan Banyuputih sebanyak 5 Desa bantuan keuangan khusus diterima oleh 287 guru ngaji, 47 guru minggu. Di Kecamatan jangkar, 201 guru ngaji serta 4 guru minggu di 8 Desa. Terakhir di kecamatan Jangkar ada 10 Desa dengan 252 guru ngaji.