Situbondo – Dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Situbondo melaksanakan Pencanangan program nasional upsus siwab “upaya khusus sapi indukan wajib bunting” di Kabupaten Situbondo dan pemeriksaan 75.000 sapi betina dan IB (inseminasi buatan) bertempat di SDN 4 Sopet kecamatan jangkar jum’at 28 April 2017.

Targetnya adalah untuk melakukan penanganan terhadap sapi bunting,mengurangi jangka waktu kehamilan sapi serta penunjangan pakan ternak yang baik. Selain itu, program ini juga dilaksanakan secara gratis.

Acara diresmikan langsung oleh bupati situbondo H. Dadang Wigiarto,S.H . Bupati berharap agar program upsus siwab ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga dapat meningkatkan produksi sapi guna mengembalikan brand power Situbondo sebagai salah satu kabupaten pensuplai daging sapi terbanyak di Jawa Timur. Bupati juga mengharapkan Dinas terkait agar mampu menciptakan program-program berkelanjutan yang mampu menopang para peternak agar meningkatkan hasil produksi sapi dan ternak lainnya.