Situbondo – 21/11/2017 Pemerintah Kabupaten Situbondo menggelar acara Pengajian Umum Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Alun-alun Situbondo. Pengajian ini Dihadiri oleh Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, S.H, Wakil Bupati Situbondo, Bapak Sekda, segenap pimpinan forkopimda beserta ibu-ibu pejabat dan seluruh pejabat di pemerintahan Kabupaten Situbondo.

Sesuai dengan tradisi yang ada setiap tahun di Kabbupaten Situbondo, terdapat beberapa ancak yang terdiri dari berbagai macam buah-buahan, sayuran hijau, dan uang. Disusun menyerupai tumpeng yang meruncing ke atas. Tradisi ini berasal dari kesultanan Demak, ketika Sunan Bonang menjadi Imam masjid Agung Demak sebagai sarana untuk menyebarkan agama islam secara masal dan untuk memperingatkan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di masa itu dibuatlah tumpeng besar-besaran, diikuti oleh pembacaan dua kalimat syahadat dan Shalawat Kepada Baginda Nabi Muhammad S.A.W. Maka sejak saat itu tradisi tersebut tetap dilaksanakan hingga kini.

Acara yang di hadiri oleh Kyai Agus Sunyoto ini berjalan sangat khidmat, Masyarakat antusias mengikuti acara ini sehingga alun alun Kota Situbondo menjadi lautan ummat muslim dalam melantunkan shalawat kepada baginda nabi Muhammad S.A.W, didalam ceramahnya beliau menyampaikan sejarah sejarah ummat muslim dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia, mulai dari sejarah lahirnya Organisasi Islam sampai saat ini yang disebut sebagai Resolusi Jihad.

Pengajian ini ditutup dengan lantunan shalawat dari K.H.R. Moch. Kholil As’ad Sesaat Setelah beliau menyampaikan hikmah peringatan Maulid nabi Muhammad S.A.W. “Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan turunnya rahmat Allah SWT untuk alam semesta, semoga kegiatan pada malam hari ini mendapat ridlo dan lindungan Allah S.W.T, amin”, jelas beliau. Setelah doa selesai dibaca, masyarakat yang berkumpul memperebutkan tumpeng tersebut dengan mengharap barokah dari pengajian Maulid Nabi Muhammad S.A.W ini.