Situbondo, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Situbondo, Hj. Umi Kulsum, SH menghadiri Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) di Graha Amukti Praja atau di peringgitan luar Pendopo Bupati, Rabu (28/03/2018).  Hadir dalam kesempatan tersebut Pelindung PMI, Bupati H. Dadang Wigiarto dalam hal ini diwakilkan oleh Drs. Abu Bakar Abdi, Apt., M. Si., Asisten I, Ir. Agus Fauzi,  Dewan Kehormatan PMI, serta pengurus PMI kabupaten maupun kecamatan.
Hj. Umi Kulsum dalam sambutannya menyampaikan Muskerkab bertujuan mengevaluasi kerja selama tahun 2017  dan membahas rencana kerja selama tahun 2018. Pelaksanaan muskerkab memang sedikit terlambat, karena ada beberapa program kerja 2017 yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
Ada beberapa poin penting permasalahan yang akan dibahas di Muskerkab. Diantaranya persoalan sumber anggaran dan penggunaannya. Tidak ada lagi dana hibah di 2018, sehingga sumber pembiayaan kegiatan diusulkan melalui perubahan APBD. Hal tersebut telah diatur oleh Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan Indonesia.
Permasalahan lain yang dibahas yakni tentang Sumber Daya Manusia. Hasil evaluasi kerja 2017 digunakan sebagai pedoman kerja di 2018. Tugas Utama PMI adalah membantu merawaat korban konflik perang, memberikan darah, dan pembinaan kepada relawan PMI. Ada dua sisi yang perlu dilaksanakan oleh PMI yakni sisi sosial dan kesehatan. Yaitu melaksanakan tugas kemanusiaan yang diberikan pemerintah. Proses pendistribusian dan melestarikan pendonor darah serta siap siaga dalam penyaluran darah melalui UDD atau unit Donor Darah.
Sementara itu,  sambutan Bupati diwakili oleh Dewan Kehormatan yakni Kepala Dinkes Drs. Abu Bakar Abdi, Apt., M.Si. Beliau menyampaikan kegiatan PMI luar biasa. Dalam satu Minggu bisa ada empat berbeda yang dikunjungi untuk transfusi darah. Meski demikian petugas yang turun lapangan hanya itu-itu saja.  Sehingga, pemetaan dan pemerataan tugas perlu dilakukan agar semakin jelas tugas masing-masing pengurus. Yang akhirnya  semua lini dapat bergerak dan berkreasi  pada bidangnya masing masing.

Sumber : HUMAS PEMKAB SITUBONDO