Pada hari Kamis Tanggal 05 Januari 2017 telah diadakan Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa. Rakor tersebut mengundang Kepala Desa, Sekretaris Desa, Operator Desa, dari 9 desa se-Kecamatan Sumbermalang.

Acara dimulai pada pukul 08 : 30 WIB acara dibuka oleh Camat Sumbermalang Sopan Efendi, S.STP, Di dalam sambutannya Bapak Sopan Efendi, S.STP menyoroti beberapa hal terkait dengan kedisiplinan aparatur pemerintahan desa, yakni terkait dengan menyelesaikan laporan -laporan yang belum terlaksana baik terhadap Kecamatan maupun Kabupaten.

Pada pemaparannya, Bapak Camat mengingatkan pentingnya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di desa-desa, karena mencegah terjadinya penyakit DBD. Beliau juga menjelaskan bahwa dengan melakukan fogging tidak akan mematikan jentik-jentik nyamuk dan telur nyamuk yang biasanya menempel di genangan-genangan air bersih, maka kegiatan yang paling tepat adalah dengan melakukan 3M (Menutup, mengubur dan menguras).

Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan Kasi Pemerintahan Idham Kusairi, SH menyangkut Pemerintahan Desa, bahwa Tupoksi masing-masing aparat sudah sangat jelas. Maka semestinya semua aparat harus menjalankan Tupoksi tersebut dengan semaksimal mungkin. Kemudian pentingya kekompakan pelaksanaan pemerintahan desa terkait dengan penciptaan ikim yang kondusif di desa, sebab menurut Permendagri tersebut kewenangan pemberhentian dan mutasi merupakan kewenangan Kepala Desa setelah melalui persetujuan BPD dan konsultasi dengan Camat  .

Acara ini di akhiri oleh sambutan Bpk Metal perwakilan dari Puskesmas Sumbermalang beliau menjelaskan secara detail mengenai DBD dan manfaat fooging serta cara menanggulanginya.

 

Sumber : Kec.Sumbermalang