Situbondo – Hari ini (22/08/2017) Pemerintah Kabupaten Situbondo bersama Tim Badan Hisab dan Rukyat Kabupaten Situbondo melaksanakan pemantauan  ruqyatul hilal yang diselenggarakan di halaman pelataran kantor unit pelabuhan kalbut desa semiring kecamatan Mangaran, hal ini dilaksanakan untuk menentukan  jatuhnya tanggal 1 dzulhijjah 1438 H.

Kepala bagian kesra yang hadir dalam pelaksanaan ini bapak Drs. Ec. H. KHUSAIRI, M. Si, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut menyaksikan Rukyatul Hilal ini. Acara ini dihadiri oleh . Kepala Majelis Ulama Indonesia dan dari Pengadilan Agama Negeri Situbondo.

Irfan Hilmi S. Ag selaku ketua Tim Badan Hisab dan Rukyat Kabupaten Situbondo menjelaskan posisi hilal secara singkat mengingat waktu untuk melihat hilal sudah mendekati ketentuan, namun dapat dipahami oleh peserta yang hadir di tempat.

Beliau menjelaskan kepada peserta untuk memperhatikan layar yang disiarkan secara langsung, tepat pukul 17.30 posisi hilal masih 6°, sedangkan posisi hilal dapat dilihat pada posisi 2° derajat, pukul 17.37 ketinggian hilal 4.2° derajat. Namun dilayar kaca sudah terlihat dan pukul 17. 40 dinyatakan sah hilal terlihat oleh seluruh undangan dan dipastikan 1 dzulhijjah jatuh pada hari Rabu 23 Agustus 2017.