Situbondo – Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2017,Selasa (16/05/17) bertempat di Gedung Baluran Situbondo kali ini bertema “implementasi revolusi mental melalui gerakan nasional gemar membaca dalam rangka meningkatkan indeks kegemaran membaca masyarakat”. Acara ini dimulai dengan penampilan apik tari tradisional oleh siswi-siswi SMPN 1 Situbondo serta penampilan cerita rakyat tentang Pangeran Situbondo, dihadiri oleh Bapak dan Ibu Bupati Situbondo, SEKDA, Inspektur Perpustakaan Nasional dan seluruh jajarannya.

Dalam sambutan Inspektur Perpustakaan Nasional, Indonesia masih cenderung dalam tingkat yang cukup rendah dalam gemar membaca, hal ini dikarenakan oleh masuknya budaya asing. Pengaruh teknologi informasi yang semakin canggih juga ikut andil akan kurangnya budaya membaca di negeri ini. Karena itu perpustakaan nasional berusaha  agar bangsa Indonesia tidak selalu disibukkan dengan kegiatan yang kurang bermanfaat seperti sosial media, game online dan sebagainya.

Bupati Situbondo juga menghimbau bahwa ada waktu tersendiri untuk teknologi dan untuk membaca buku. Beliau juga berharap masyarakat tidak berpandangan membaca buku hanya untuk para siswa yang bersekolah namun sangat penting halnya agar gemar membaca menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pemerintah harus berinovasi agar semangat membaca dapat terwujud seperti perpustakaan keliling yang harus pula berinovasi memberikan buku-buku yang segar dan baru akan informasi yang terkini serta memberikan pembelajaran bagi masyarakat tentang trik membaca buku tebal dengan waktu singkat. Agar masyarakat memiliki kemampuan membaca buku tebal dalam waktu singkat, tentu dengan gemar membaca masyarakat akan lebih cerdas dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat untuk membangun Kabupaten Situbondo yang maju dan gemar membaca di masa depan.