• Komitmen dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak, menuai hasil dengan mengantarkan Situbondo menyabet penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Penghargaan bergengsi itu pun diterima Sekda Situbondo Drs. H. Syaifullah MM dari Menteri PPPA, Yohana Yembise pada peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018 di panggung penganugerahan kabupaten/kota layak anak se-Indonesia di Dyandra Convention Center, Surabaya, Senin malam 23 Juli 2018

    Menteri Yohana pada kesempatan itu mengatakan, penghargaan dan penganugerahan Kota Layak Anak merupakan bentuk apresiasi Kementerian PPPA atas segala upaya pemerintah daerah melalui para gubernur, bupati, dan walikota di Indonesia. Ada 177 kota/kabupaten yang mendapat penghargaan dari berbagai kategori tahun ini. Untuk kategori KLA kabupaten/kota terdapat 113 kategori Pratama, 51 Madya, 11 Nidya dan 2 Yang Utama. “Jika di lihat total kab/kota seluruh Indonesia yang berjumlah 508 Kab/kota, berarti baru sekitar 35% yang menuju Kota Layak Anak. Untuk itu kita berharap, melalui penghargaan ini akan terus meningkat kabupaten/kota yang mendapatinya,” jelasnya.

    Yohana menyebutkan, penilaian KLA tahun 2018 mengacu pada indikator yang terangkum dalam 5 klaster konvensi hak anak. Antara lain klaster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatn waktu luang dan kegiatan budaya serta klaster perlindungan khusus. “Selain penyerahan KLA ada juga anugerah yang di berikan kepada kabupaten/kota dengan kategori non KLA, diantaranya pemenuhan hak sipil terbaik, pembinaan forum anak daerah, pencegahan perkawinan anak, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, Unit pelayanan terpadu PPA, Polres ramah anak dan Masjid Ramah Anak,” imbuhnya.

    Sementara itu, Sekda sewaktu ditemui usai menerima penghargaan menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian PPPA untuk kategori Pratama.Penghargaan itu pun menurutnya bukanlah tujuan utama Pemkab Situbondo, karena yang terpenting adalah bagaimana semua upaya yang dilakukan demi hak anak-anak di Situbondo bisa terpenuhi dalam artian luas.

    Diungkapkannya, penghargaan ini juga tak luput dari adanya perhatian dan dukungan penuh dari organisasi perangkat daerah (OPD) serta stakeholder terkait dan semua elemen masyarakat Situbondo dalam pengembangan KLA di Kabupaten Situbondo.